Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia

Paparan dibawah ini akan mengulas sekilas tentang Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia, dan jika kamu tertarik, maka uraian ini cocok untuk dilihat, karena kamu tidak pernah dapat menyampaikan segala hal yang kamu tidak tahu berhubungan dengan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tak pernah berhenti meningkatkan pengawasan barang beredar terhadap produk non-pangan maupun pangan. Disamping untuk melindungi konsumen, pengawasan secara berkesinambungan akan membuat iklim usaha yang sehat di dalam negeri. Pengawasan itu juga dilakukan untuk mendorong peningkatan produksi dan penggunaan produk dalam negeri serta mencegah distorsi pasar dari peredaran produk impor yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Demikian ditegaskan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi ketika mengumumkan hasil pengawasan barang beredar dan jasa di kantor Kementerian Perdagangan pada Januari 2013 yang lalu.


Hasil pengawasan yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan secara keseluruhan dalam kurun waktu tahun 2012 sudah ditemukan 621 produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan.

Adapun langkah-langkah yang sudah diambil sebagai tindak lanjut dari temuan itu, yaitu untuk pelanggaran pidana, sebanyak 2 produk sudah dilimpahkan ke Kejaksaan (P21), 3 produk tidak bisa dilanjutkan disebabkan tersangkanya wafat, dan beberapa produk masih dalam proses penyidikan. Sementara untuk pelanggaran administrasi, sudah dilakukan peringatan tertulis kepada para pelaku usaha dari 348 produk, permintaan penarikan 8 produk, pembinaan terhadap asosiasi, serta pemanggilan para pelaku usaha guna keperluan penyidikan dan pengumpulan keterangan.

Sepertinya pembicaraan tulisan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia mengalami penambahan seru . Oleh karena itu demikian mari umum bahas lebih jauh sering tulisan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia ini.

Demi mewujudkan perlindungan konsumen yang lebih optimal, Kementerian Perdagangan telah menetapkan dua sasaran program pengawasan barang beredar di tahun 2013. Pertama, Kemendag akan meningkatkan efektifitas Pengawasan Barang Beredar di daerah perbatasan melalui kegiatan Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB), pelaksanaan pengawasan berkala/khusus, crash program, pengawasan implementasi label dalam Bahasa Indonesia dan MKG, serta pengawasan distribusi. Sasaran kedua, Kemendag akan mengoptimalisasi penegakan hukum melalui peningkatan kualitas koordinasi aparat penegakan hukum dan pendampingan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen (PPNS-PK) di daerah.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen, Pemerintah sudah membuat regulasi guna melindungi konsumen dan melakukan pengawasan secara rutin. Regulasi itu akan berlaku efektif dengan adanya dukungan nyata dan peran aktif konsumen. Disamping itu, konsumen yang cerdas wajib mengetahui bahwa konsumen memiliki hak dan kewajiban yang dipayungi oleh Undang-undang dan konsumen juga harus mengetahui akses ke lembaga perlindungan konsumen untuk memperjuangkan hak-haknya. Jikalau ada permasalahan konsumen menyangkut dengan produk/jasa yang dibelinya, ada beberapa langkah-langkah untuk menyelesaikannya, berikut ini upaya yang bisa dilakukan :

  1. Mengadu ke pihak PELAKU USAHA, sedapat mungkin utamakan untuk menyelesaikan dengan jalan damai dengan PELAKU USAHA.
  2. Jika|Seandainya|Jikalau|Kalau} jalan damai dengan pihak PELAKU USAHA tidak tercapai maka konsumen bisa melaporkan ke LPKSM (Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat).
  3. Jikalau tidak juga berhasil maka bisa meminta tolong BPSK (Badan Penyelesaiaan Sengketa Konsumen), agar membantu dalam menyelesaikan di luar pengadilan, lewat: Mediasi, Konsiliasi dan Arbitrasi.
  4. Jikalau tidak juga memuaskan maka konsumen bisa mengadukan kepada PEMERINTAH lewat :

    Dinas Indag Provinsi/Kabupaten/Kota, Unit /Instansi Pemerintah terkait.
    Pos Pengaduan dan Pelayanan Informasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen; Hotline: 021-344183 ;
    Sistem pengawasan Perlindungan Konsumen Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen

  5. Jikalau diluar pengadilan tidak juga membuahkan penyelesaian maka jalan pamungkas adalah mengadukan ke PENGADILAN, agar diproses secara hukum.

Hari Konsumen Nasional (HKN) ditetapkan tanggal 20 April melalui Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pemilihan tanggal 20 April menjadi Hari Konsumen Nasional (HKN) didasarkan pada tanggal penerbitan Undang­Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penetapan Hari Konsumen Nasional mempunyai tujuan agar banyak pihak termotivasi membangun konsumen yang cerdas dan pebisnis yang semakin mempunyai etika dalam berbisnis.

Pada dasarnya Hari Konsumen Nasional (HKN) bertujuan :

  • Sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan makna pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta untuk pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku bisnis dalam negeri.
  • Memposisikan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan menjual barang/jasa yang bermutu dan juga berdaya saing di zaman globalisasi.
  • Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.
  • Mendukung pemerintah dalam melaksanakan tugas meningkatkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.
  • Mendukung pembentukan-pembentukan jaringan grup perlindungan konsumen.

Bagi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen selamat memperingati : Hari Konsumen Nasional 2013 !

Semoga ada banyak dari tulisan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia ini bisa memberikan masukan bagi pemahaman engkau berhubungan dengan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia. Tentu aku senang jikalau engkau bertambah memahami mengenai Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia sesudah memahami tulisan ini.

Cuma memberitahu news bahwa ulasan ESER Unlimited Power Bank juga baik untuk disimak. Bahkan ulasan Cipto Junaedy lebih cantik mulai untuk anda kunjungi. Jikalau masih belum cukup anda dibolehkan membandingkan dengan membaca ke Iconia PC tablet dengan Windows 8.

Related posts:

  1. Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
  2. Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
  3. Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia
  4. Berita Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
  5. Pengawasan Pemerintah Dilakukan Demi Perlindungan Pelanggan
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>